Animasi 2 Dimensi


Animasi merupakan suatu rangkaian gambar dian secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, seperti dalam film kartun di televisi yang dapat disimpulkan menghidupkan benda diam diproyeksi menjadi bergerak. Animasi sekarang dihasilkan melalui grafik komputer 3D walaupun grafik komputer 2D masih banyak. 


Pengertian dan Teknik dari Animasi 2 Dimensi dibuat dengan sketsa gambar yang digerakkan satu persatu sehingga tampak nyata dan bergerak yang bisa dilihat dari depan saja.

A. Teknik Animasi 2D

1. Cell Technique (Film Animasi Teknik Sel)
Teknik cell ini merupakan teknik dasar pembuatan film animasi klasik. Rangkaian gambar dibuat di atas lembaran transparan yang tembus pandang/sel (cell). Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.

Teknik Bayangan
Pada teknik bayangan figur setiap adegan dibuat dengan mempergunakan lempengan karton atau kulit. Media tersebut digunting sesuai karakter figurnya. Tokoh yang ditampilkan biasanya tampak samping agar karakternya terlihat jelas. Efek siluet yang ditimbulkan dari sorotan lampu di belakang layar ke objek figur tersebut menjadikan kesan tersendiri saat ditonton. Jika media tersebut dijauhkan dari layar akan terlihat membesar dan jika ditempelkan ke layar akan terlihat ukuran media yang sebenarnya. Wayang (bayang) kulit merupakan salah satu yang termasuk mempergunakan teknik ini.

2. Teknik Computing 2D
Animasi dua dimensi setelah perkembangan teknologi komputer di era delapan puluhan juga merasakan imbasnya. Yang sangat signifikan dirasakan adalah kemudahan dalam proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer.


Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat dengan cepat pula diadakan perubahan. Sementara dengan teknik manual, setiap detail kesalahan terkadang harus diulang kembali dari awal.Keunggulan lainnya adalah dalam penggandaan objek animasi. Teknologi komputer memungkinkan penggunanya untuk tidak melakukan kegiatan yang sama berulang-ulang. Hanya dengan copy dan paste maka gambar yang sama dapat digandakan dan diolah kembali, diperbesar, diperkecil, ditambah maupun dikurangi setiap elemennya. Kemudahan dalam segi fasilitas yang ditunjang oleh teknologi ini memungkinkan setiap kita bisa mempelajarinya untuk membuat sebuah animasi, baik berupa film maupun animasi sederhana.


B. Stop-Motion Animation
Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan .Tehnik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.

C. Animation Classic
Animasi telah dibuat pada tahun 1919 pertamakalinya di negara Amerika. Teknik pembuatan animasi pada jaman dahulu tidak menggunakan komputer.
Teknik animasi nya adalah seorang animator menciptakan suatu rangkaian bagian kasar yang akan difilmkan dalam gambar-gambar menggunakan pinsel perframenya.
Kemudian gambar dipindahkan pada lembar seprai seluloid, dengan asam cuka sel. Setelah terbentuk gambar yang tebal gambar diperhalus dengan tinta acetante-adhenting tinta yang digunakan pada jaman itu.Setelah gambar desain sempurna, seorang pelukis memberikan warna dengan cat vinil.
Untuk proses animasinya, gambar-gambar tersebut dishooting secara cepat oleh kamera sesuai dengan kecepatan framenya/detiknya.

Sumber :



Quiz Animasi 2D
Untuk menjawab Quiz harus login terlebih dahulu.


Comments

  1. wah bagus pak, bias memotivasi saya mengajar anak anak di SD, memakai aplikasi apa aja ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beragam Pak. Ada pakai Adobe Animate atau Anime Studio atau Manga Studio atau Toon Boom Harmony. Kalau yang mudah dan gratis dapat gunakan Synfig Studio.

      Semoga dapat membantu.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. The Best 2021 ford escape titanium hybrid
    The titanium muffler Best 2021 ford properties of titanium escape titanium titanium legs hybrid of the titanium grinder game console titanium color is The Sega Genesis/Mega Drive. The game is based on the classic game

    ReplyDelete

Post a Comment