Software Animasi 2 Dimensi

Software animasi 2D adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit. Contoh dari Software Animasi 2D ini antara lain :


Macromedia Flash


Macromedia Flash : software ini sudah tidak dikembangkan lagi dan perusahaannya pun sudah di akuisisi oleh Adobe. Namun beberapa animator masih menggunakan tool ini untuk membuat animasi 2D


Adobe Flash

Adobe Flash : software generasi lanjutkan Flash yang diakusisi oleh adobe pun saat ini sudah berganti nama menjadi Adobe Animate dengan berbagai kelebihannya. Adobe Flash sudah mendukung aplikasi mobile.


Adobe Animate

Adobe Animate : software terbaru besutan Adobe tergolong software profesional animasi 2D yang sangat komplek dari sisi fitur, animator film kartun juga banyak menggunakan software ini. Tool bones untuk mempermudah animasi karakter 2D sehingga pergerakan karakter dengan penulangan lebih cepat diselesaikan.


Toon Boom Harmony

Toon Boom Harmony : Perangkat lunak animasi 2D profesional ini mungkin membutuhkan waktu untuk belajar, tetapi layak digunakan. Ini memiliki bitmap dan alat vektor untuk membuat karya seni, model impor 3D untuk produksi hibrid, dan opsi untuk membuat adegan multiplane dengan kedalaman Z.


Anime Studio

Anime Studio : digunakan untuk membuat gambar-gambar animasi cantik yang kalian kagumi. Anime Studio ini memang dirancang untuk menggambar dan membuat video anime.


Synfig Studio

Synfig Studio : Synfig Studio adalah software animasi 2D yang user friendly, jadi untuk yang baru pertama kali menggunakan software ini bisa dipastikan akan sangat mudah mengoperasikannya tanpa perlu buku panduan atau video tutorial. Software ini sifatnya gratis dan open source.

Software yang telah dibahas diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga dalam pemilihan software bergantung dari karakteristik jenis proyek animasi yang akan dibuat.
Dalam pembahasan pembelajaran berikutnya akan dibahas pembuatan animasi menggunakan Adobe Flash ataupun Animate versi trial.

Sumber : Berbagai sumber.

Comments

  1. Tutorial yang bermanfaat. Adobe Flash adalah software animasi 3D untuk Windows. Ini adalah software yang cukup populer dan canggih yang digunakan dalam Pemodelan 3D, animasi 2D, Simulasi, VFX, Pembuatan Game, Pengeditan Video, Rendering, Scripting, dll.

    ReplyDelete

Post a Comment